Mendeteksi Driver yang Bermasalah di Windows

searchproblem Driver yang rusak seringkali menimbulkan masalah pada kestabilan komputer. Salah satu gejala yang timbul adalah munculnya blue screen atau komputer me-restart berulang-ulang.
Untuk mengecek apakah ada masalah di driver, lakukanlah hal-hal berikut:

  1. Klik Start > Run dan ketik verifier. Nanti akan muncul wizard untuk melakukan verifikasi.
    Mendeteksi driver yang bermasalah
  2. Pada pilihan pertama, pilih Create Standard Setting, klik Next.
    NewPicture157
  3. Selanjutnya pilih driver-nya yang Kamu curigai mengakibatkan masalah. Biasanya ini berupa driver yang terakhir terpasang.
  4. Restart komputer. Jika proses reboot terhenti, akan muncul pesan kesalahan dan driver bermasalah yang mengakibatkan hal itu terjadi.
  5. Selanjutnya restart komputer dan masuk ke Safe Mode (dengan menekan tombol F8 pada waktu booting). Matikan aplikasi Verifier dengan menjalankan Start > Run dan ketik verifier /reset.
    NewPicture163
  6. Restart kembali komputer dan masuk ke Safe Mode. Setelah itu masuk ke Device Manager dengan cara klik kanan My Computer > Properties > Hardware atau dengan klik Start > Run dan ketik devmgmt.msc. Uninstall driver yang bermasalah tadi.
    NewPicture164
Akhirnya komputer Kamu pun terbebas dari driver yang bermasalah. Kini tinggal mencari driver yang benar-benar sesuai dengan hardware tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...